10.1.10

mengerti karakter anak

sudah seminggu ini, punya banyak waktu untuk membaca lagi di rumah. sejak mak su, rewang full time yang dikirim ibu dari rumah, datang tanggal 2 kemaren, tugasku jadi beneran cuma handle d'icha aja, dari bangun tidur, sampe ntar tidur lagi, kecuali selama ditinggal kerja. dan itu beneran sangat menyenangkan. kalau pagi jadi bisa lebih lama maen sama dia, membaca, mewarna, maen sepeda, trus nyuapin dia sarapan, mandiin, trus nge drop dia sekolah baru berangkat kerja. begitu pun ketika aq pulang kerja sore harinya, bisa maen sampe lama, nyuapin dia makan di malam hari, baru tidur bareng. dan aq liat juga, dia seneng banget. sekarang jadi ga pernah rewel lagi klo mo ditinggal kerja, karena dia tau kali ya, mama nya sekarang punya lebih banyak waktu dengannya. klo kemaren2, kan nemenin dia sama nyambi kerja juga, yang nyapu lah, ngepel, masak di pagi hari, nyuci, dll. beneran ngerasa kebantu banget.

pagi ini, sambil nemenin d'icha maen sama temen2nya, baca harian kompas edisi minggu. abis baca artikel tentang tio pakusadewo, mampir ke halaman klasika. ada artikel dengan judul yang menarik, "mengerti karakter anak saat bersosialisasi".
pas banget, baca artikel itu saat icha juga lagi bersosialisasi sama syifa dan farid. terdengar beberapa obrolan yang menggelitik, masi terkait dengan artikel itu. di umur 3-5 taun, anak-anak tu emang cenderung membanggakan sesuatu, terutama soal orang tua, keluarga dan barang-barang kepunyaannya. terdengar d'icha pamer tentang mainan hadiah dari paket kids meal kfc nya, ditimpali dengan syifa yang bilang meski ga punya mainan itu tapi dia punya mainan lain, dan begitu pun dengan farid yang ngomong kalo dibawain ayahnya mainan sepulang kerja dari bengkel. seru! itu memang cara yang ditunjukkan oleh mereka untuk bersosialisasi. namun, sebaiknya disarankan kepada orang tua untuk memberi pengertian yang tepat agar cerita anak tidak menjurus menjadi persaingan yang tidak sehat. berikan pengertian bahwa kita senang saat anak membanggakan sesuatu ato membanggakan orang tuanya, tapi jangan berlebihan, tekankan bahwa kita lebih menyukai anak yang rendah hati.

menarik ya?!
lebih-lebih aq terkesan dengan kalimat terakhir dari artikel itu, gini bunyinya :
mari jadikan anak bangga pada keluarganya, namun jangan biarkan mereka mengatakan jauh dari sebenarnya

sumber : harian kompas, minggu 10 januari 2010, hal. 33



ps :
semoga d'icha punya karakter yang positif untuk bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekelilingnya, dan yang paling penting, bisa selalu mengatakan yang sebenarnya, tidak perlu merekayasa apapun untuk bisa dianggap baik oleh orang lain...amiinnn..


No comments: