17.10.09

liqui prep

setelah tertunda beberapa kali, akhirnya kemaren rencana untuk papsmear dieksekusi juga. sejak general check up dari kantor meniadakan pilihan pap smear, aq belum periksa lagi. seingatku terakhir pap smear juli ato september 2007. ayah dah bolak balik ngingetin untuk periksa, apalagi klo period menstruasi dah kelar, tapi ada aja hal yang bikin batal.

berhubung ada tambahan rejeki dari uang lembur, akhirnya ga pake direncanain, langsung berangkat ke pramita diagnostic centre deket kantor, jumat kemaren waktu istirahat makan siang. untungnya sepi banget, jadi ga pake antrian. dan ternyata sekarang ada 2 metode pap smear, selain yang biasa dilakukan, ada yang namanya liqui prep. metode ini dinyatakan memiliki akurasi 90%, dan yang membedakan dari pap smear yang biasanya, yakni mampu membedakan jenis2 sel darah (putih pa merah ya??lupa nanya), juga bisa mendeteksi kelainan pada lapisan rahim terdalam dan lebih sensitif tentu saja. klo mo pap smear diusahakan puasa berhubungan dulu selama 3 hari, biar lebih akurat hasilnya. (no problem klo yang ini si yaa?! he he he). setelah dipikir2, ya wes lah coba tes yang liqui prep ini. masalah tarif ya pasti beda lah, klo yang biasa 75 ribu, yang liqui prep 225 ribu.

pengambilan sampel, seingatku si rada beda. meski kata tenaga medis nya sama kok, tapi aq ngerasa beda. klo yang dulu, pake usapan di bagian agak luar, klo yang ini ambilnya rada banyak dan lebih dalam. hasilnya baru bisa diambil hari ini, jadi ada jeda waktu 24 jam. klo pap smear biasa, pemeriksaan klinis bisa selesai di hari yang sama. mungkin karena metode liqui prep nya butuh waktu untuk pembiakan mikroorganisme kali ya?!

hasilnya dah keluar sih, dan Alhamdulillah, aq sehat. ga ada yang mencurigakan ato mengkhawatirkan. tinggal selalu jaga kebersihan dan diusahakan bagian itu tetap kering, ga lembab, underwear yang dipakai juga yang baik bahannya. gitu dee....

3 comments:

wulan said...

aku belum pernah ni..

re said...

ga kepikir buat cek ta?

wulan said...

Ya pastilah kepikir tapi males.. biasalah, namanya juga Wulan, segala macem digampangin. Kegedean niat doang, tapi nggak ada realisasi.