22.10.09

buku penghubung

dah sejak awal d'icha sekolah, aq pengen banget nanyain tentang buku penghubung ke pihak pgbm (play group baitul mukmin). kepikir tentang hal ini karena aq liat beberapa temen dan tetangga yang anak-anaknya sekolah di tempat lain pada dapet buku penghubung ini, apapun namanya. setelah sekian lama menunggu, akhirnya 2 hari yang lalu, pas lagi ga ngerjain apa-apa di kantor, kirim message ke bu anik, kepala pgbm, lewat fesbuk. intinya nanyain, apa emang di pgbm ga pake buku penghubung, ato buku penghubungnya dikasi pada periode tertentu gitu. sorenya belio bales, yang intinya ngasi tau klo emang pgbm ga pake sistem itu. pendekatan yang ingin dibangun adalah kekeluargaan dan interaksi aktif, antara guru, anak dan orang tua. seperti yang udah di jelaskan pas pertemuan orang tua sebelum tahun ajaran dimulai, bahwa pihak sekolah lebih menginginkan partisipasi aktif dari orang tua untuk memantau perkembangan anak di sekolah. orang tua secara aktif berkomunikasi dengan pihak guru yang langsung menemani anak bermain di sekolah, sekaligus mempererat silaturahmi. itu tujuannya.

tadi pagi, setelah d'icha masuk kelas, aq ketemu sama bu anik langsung, belio daru datang. dan langsung menghampiri diriku..he3. ngebahas sebentar masalah buku penghubung ini secara langsung, selama lebih kurang 5 menit. belio bilang, dulu pernah pgbm kasi buku penghubung, tapi malah ga seperti yang diharapkan. dengan latar belakang orang tua yang sangat heterogen, akhirnya malah jadi kacau. belio juga menjelaskan, bahwa setelah melalui masa trial seperti itu, akhirnya sepakat untuk tidak memakai buku penghubung. belio berharap, dengan keakraban antara orang tua dan guru yang terjalin, anak akan merasa nyaman bermain di lingkungan pgbm. setiap sabtu, selepas d'icha sekolah, aq selalu nyempetin untuk ngobrol dengan bu sita atau bu anik. nanyain, progress apa yang udah dicapai d'icha selama seminggu itu, gimana sikap d'icha di sekolah dll. dan dari bincang-bincang seperti itu, jadi tau, klo d'icha suka sekali menempel, mengarang cerita dan bermain peran. mmm...perlu ikutan klub bobo keknya...hihihi..

kemaren sore, sebelum pulang, mampir ke gramedia, beliin buku gunting, tempel dan mewarna, juga beberapa buku dora the explorer dan puzzle 12 keping gambar princess. wow, reaksinya sungguh membahagiakan!!! binar mata itu selalu kurindukan...

ps : waktuku ga pernah cukup untuk menemanimu bermain, sayang, maafkan mama...

No comments: