30.1.09

slumdog millionaire

setelah kesimpan di folder draft selama 3 hari, akhirnya hari ini takniatin untuk posting resensi film ini. ^_^

judul : slumdog millionaire
sutradara : danny boyle
pemain : Dev Patel ... Jamal Malik
Freida Pinto ... Latika

waktu ayah datang bawa dvd-nya, aku heran, tumben ayah tertarik nonton film india. selama ini emang ayah sering si ngajakin aku nonton film-film "aneh", macam film russia, iran, prancis, jepang, dll, tapi seingatku ga pernah deh ngajakin nonton film india. trus kepikir, berarti ada point yang bikin ayah tertarik buat beli dvd ini.

awalnya, aku rada ga ngeh, ni film nyeritain apaan sih. ada adegan Jamal lagi ikutan kuis Who Wants To Be Millionaire (disingkat WWTBM) versi india yang di host sama Prem Kumar (Anil Kapoor), trus ada adegan dimana Jamal disiksa sama polisi setempat dengan tuduhan melakukan penipuan. setelah berjalan beberapa menit, barulah ngeh, bahwa film ini pake alur flashback gitu.
ceritanya, Jamal ini menangin kuis WWTBM, tapi dicurigain bahwa dia punya semacam kunci jawaban dari semua pertanyaan yang diajukan (ujian kali pake kunci jawaban^_^). secara si Jamal ini hanyalah seorang office boy, yang asalnya dari perkampungan kumuh di india, jadi banyak yang ga percaya kalo dia bisa jawab semua pertanyaan di kuis itu. ternyata setiap pertanyaan yang dikasi ke Jamal itu, ada hubungannya dengan kisah hidup masa lalunya. trus ada juga beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kisah cintanya dengan Latika, temen yang ditemui waktu dia lagi ditampung ma kelompok yang berkedok panti asuhan, tapi anak-anak yang ditampung itu dijadiin anak jalanan kaya jadi pengemis ato pengamen gitu. di tempat ini Jamal ketemu sama Latika, yang kelak akan menjadi kekasihnya. lewat suatu tipu daya yang udah direncanain Jamal, Salim dan Latika, mereka berusaha kabur dari tempat itu. tapi hanya Jamal dan Salim yang berhasil kabur. sejak saat itu, Jamal ga pernah berenti mencari. termasuk keikutsertaan dia di WWTBM itu, motivasinya adalah supaya diliat ma Latika dan mereka bisa ketemu lagi. selanjutnya beberapa adegan Jamal yang berusaha menemukan Latika kembali, karena ternyata dia mencintainya.

film ini jujur sekali menurutku. jujur menggambarkan realita perkampungan kumuh di mumbai. termasuk detail wc umumnya, sungainya, keadaan pemukimannya. juga adegan kaum Hindu yang menyerang kampung Jamal yang merupakan kampung muslim, yang kemudian membuat ibu Jamal meninggal dunia, digambarkan dengan detail. aku sempet kuatir akan melihat adegan langganan film india, yakni nyanyi2 peluk pohon sambil nari joget meliuk2. ternyata kekuatiranku ga terbukti. tapi di akhir film, tetep aja ada adegan joget-jogetnya...he he he...

strongly recommended deh. ga heran klo film ini dapetin Golden Globe Award dan masuk nominasi di Oscar.


ps : ini resensi film pertamaku, jadi harap maklum kalo belepotan bikinnya. ^_*

No comments: