31.12.08

liburan (pas) akhir taun - part 2


Alhamdulillah...kita bertiga bisa menikmati liburan panjang. aku, ayah dan d'icha. seneennggg bangeeeddd!!

- 26122008 -

ayah dateng tgl 25 desember, sekitar jam 9 an. istirahat sehari, trus tgl 26 berangkat pulang ke situbondo. pertama kalinya d'icha naek bus nehh!! she's happy at all..excited banget waktu dikasi tau klo d'icha bakalan naek bus..buru2 aja bawaannya pengen pergi. nyampe rumah jam 3-an gitu.
hari pertama di rumah uti, adalah hari pertama kita berjuang. terutama dengan perjuangan kita untuk mengakhiri masa pemberian ASI buat d'icha.

awalnya dah takniatin untuk pake metode weaning with love. proses ini pake metode dont offer dont refuse. jadi ya klo d'icha minta ASI ya dikasi, tapi klo ga minta ya ga ditawarin. proses ini lumayan berhasil mengurangi frekuensi minum ASInya d'icha sejak beberapa bulan kemaren. liburan kali ini emang dah diniatin mo ngelepasin d'icha totally dari ASIholicnya. dan sejak awal pun aku dan ayah, udah menduga klo prosesnya bakalan berat. makanya dipilih momen pas kita lagi di rumah uti, jadi banyak orang yang diharapkan bisa mengalihkan perhatiannya d'icha. tapi ternyata...kenyataannya lebih susah dari yang dibayangkan. padahal ngebayanginnya juga udah kondisi susah, tapi ternyata lebih susah lagi. hari pertama, dilalui dengan sangat melelahkan, buat semua. buat d'icha terutama. dia nangis mulu. dan sampe menjerit-jerit gitu. sampe berantem ma ibu, karena beliau ga tega denger d'icha nangis kaya gitu. tapi ya itu harus dilakukan, demi d'icha juga. ini tahap yang emang harus dilalui. aku dan ayah dah sempet ngebahas ini sebelumnya, aku juga dah baca-baca banyak sharing ttg proses penyapihan, dari berbagai cara juga, mulai dari yang alami, sampe yang dipaksa ato pake acara 'dibikin lupa' segala. kita sepakat inilah saatnya. 2 taun adalah waktu yang sudah ditetapkan untuk memberi ASI.
proses awalnya terkesan memaksa sih, d'icha dipaksa langsung berenti total. ya terang aja susah. kaya orang kecanduan narkoba kali, harusnya di detoks dulu, ngurangi dosis, baru berenti. klo langsung berenti ntar sakaw lagi. akhirnya, disepakati ngurangi dosis dulu. sebelumnya, tiap mo tidur dan bangun tidur ato pas dia lagi nervous, pasti minta ASI. Alhamdulillah, di hari ke-2 d'icha berhasil tidur siang dan malam tanpa ASI. tapi yang belum bisa dilawan adalah keinginannya minum ASI di saat 'nglilir' malem. alam bawah sadarnya masi belum bisa lepas dari ASI. setelah 3 malam berturut2 d'icha selalu nangis malem2, akhirnya aku putuskan untuk tetap kasi ASI di waktu dia ga sadar. yang penting dosisnya berkurang secara konsisten. mudah2an bisa berhasil dengan baik lah...meski sampe sekarang dia masi suka merengek saat bangun tidur. setidaknya dia bisa tidur nyenyak pas malem. 'nglilirnya' juga dah berkurang. cayo, d'icha!!! bersama kita bisa (he he he)

btw, ada hal menarik si sebenernya dari proses ini. di hari pertama aku nyapih, aku mencoba pake cara ngasi sesuatu di pd-ku. pake daun, dihancurin, dikasi air, lalu ditempelin. dengan harapan ntar dia jijik ato klo pun nekat tetep minum ASI ya trus ga mau lagi karena rasanya yang aneh. eh, di luar dugaan, waktu d'icha bilang, "ma, nenen", trus dia liat kondisi pd-ku, air mukanya berubah aneh, tapi trus dicomotin tu serpihan daun satu persatu, trus bilang, "yah, mama cian. atey. asi asyem, yah" (yah, mama kasian. gatel ni, kasi balsem, yah)...ha ha ha ha..yang ada seisi rumah malah ketawa kemekelen..kreatif ya, d'icha tu..
ayah bilang, d'icha sebenernya juga ngerti kok klo kudu berenti minum ASI. coz sekarang klo mo tidur ato lagi nervous, pasti bilangnya, "ma, susu"..smart gal!!

mudah-mudahan proses ini lancar dan menjadi proses yang menyenangkan buat semua, utamanya buat d'icha. amien..

- 27122008 -

ngabisin waktu di rumah saja, cerita2. d'icha becandaan sama semuanya. what a wonderfull family i have!! bersyukur sekali masi bisa dapet kesempatan ngumpul begini.

- 28122008 -

waktunya pergi ke pantai. ini juga pertama kalinya d'icha pergi ke pantai. pagi2 banget, dia juga tampak senang waktu dikasi tau mo berenang di laut. udah nyiapin pelampung juga. lucu aja ngliat d'icha dan kk nina heboh gitu. uti juga dah masak nasi kuning lengkap. kakung dah nyiapin berbagai pernik2, kaya tikar, dll. komplit deh pokoknya...daaannnn...ga seperti hari-hari sebelumnya, sejak pagi tu, situbondo ujan..he he he..ada ada ajah. akhirnya, berangkat dari rumah jam 9 an gitu deh. dah rada terang cuacanya. nyampe pasir putih, belum terlalu ramai. eh, begitu ngliat pantai, d'icha langsung nervous. ga mau turun gitu. kaget kali ya dia ngliat air yang buanyaakkk bangeddd. beda banget sama keinginannya maen air waktu turun ujan ato waktu rumah mbak dila kebanjiran. jadi deh, aku dan ayah ngeledekin d'icha. kita bawa dia ke tengah, sampe badannya terendam. he he he..lucuuuu bangeddd mimik mukanya..takut tapi penasaran gitu deh!!! sayangnya, acara berenangnya ga lama, karena tiba2 ujan turun lagi.. tapi, seru kok!! sekeluarga komplit berlibur bersama...

- 29122008 -

acara ke swimming pool juga batal karena ujan. jadinya seru2an di rumah aja. d'icha karaoke-an bareng kk nina. plus joged joged ancur...aseli bikin rumah uti rame karena ketawa...gooooddd!!! malemnya kita semua makan ikan bakar lesehan. enakkk!!!

- 30122008 -

waktunya balik ke surabaya. waktunya mengakhiri liburan gembul. he he he..iya niy, aku dan ayah jadi tambah gembul. ga da waktu untuk tidak mengunyah...abisnya, uti rajin banget masak, bikin cemilan juga, bikin es mambo juga. ahh..enak lah pokoknya!!
moga Allah selalu beri kesehatan untuk semua, jadi silaturahmi ini bisa terus terjaga...amienn...

uti, kakung, panda, bunda, om yud, kk nina, makasi semuaaa....ntar Insya Allah, bulan april, d'icha pulang lagi...

No comments: