10.2.10

forgiven but not forgotten

apa jadinya kalo orang yang dulu pernah menyakiti mu datang meminta tolong??
menolak untuk memberi pertolongan? menolong dengan setengah hati? menolong dengan ikhlas? sementara aq bukanlah orang yang begitu baik hatinya, malahan aq tergolong orang yang "forgiven but not forgotten" terhadap segala sesuatu yang menyakitkan.
ingatanku melayang pada kejadian 3,5 taun lalu, saat si mbak ini bikin masalah di kontrakan yang nyangkut-nyangkutin namaku. trus beruntun, beberapa kali juga ada kejadian yang tidak mengenakkan lah pokoknya buat diingat. awalnya aq ladeni, aq konfirmasi, aq menjelaskan ini itu dsb, tapi yang kedua dan seterusnya, aq diemin ajah. bodo amat, ga peduli. meski aq juga ga menunjukkan sikap bermusuhan, tetep mengijinkan d'icha bermain bersama anak-anaknya, dan ga pernah melarang juga kalo 2 anaknya maen ke rumah seharian, meski anak-anaknya ga pernah berani maen di rumah klo si mbak ini lagi ada di rumah. wes pokoknya aq berusaha bersikap wajar lah, klo lewat di depannya ya permisi, klo papasan ya menyapa, meski aq tau dia ga pernah ngebales semua sapaanku. 

pola hubungan seperti itu berlangsung sampe kemaren minggu, tiba2, si mbak ini datang ke rumah, pas d'icha akan tidur siang. aq kaget, karena wajahnya kuyu, ga seger kek biasanya, sembab juga matanya, keliatan klo abis nangis. dan selanjutnya meluncurlah cerita sedihnya. singkatnya, dia minta tolong aq untuk bantu nyelesein masalah di keluarganya, karena dia sudah ga tau lagi mo minta tolong sama sapa. terus terang aq bingung mo nolongin dia, karena aq ga tau banyak tentang masalah keluarganya. meski beberapa waktu belakangan, aq sempet denger rumor tentang si mbak dari ibu-ibu pas nemenin d'icha maen, trus juga denger dari mbak dila yang ngegosip sama bundanya aiz. cuma aq ga pernah ambil pusing sama semua itu, karena ga da sangkut pautnya sama aq. dan sekarang, aq jadi tau, dari si mbak nya sendiri, dan bahkan dia minta aq cariin jalan keluar buat dia.

bingung, karena aq ga pernah ngalamin hal itu sebelumnya *naudzubillah*  
saran dari orang-orang terdekat si beragam, ada yang bilang, "ga usah ditolong, giliran susah kek gini aja baru baek, rajin maen ke rumah, nyapa, becanda sama icha, mana tuh temen-temen yang selama ini selalu dibangga-banggain sama dia, bukannya harusnya mereka yang dimintain tolong??", ada yang bilang, "ati-ati, klo emang pengen bantuin, ya sewajarnya aja, ga usah melibatkan diri terlalu jauh, ntar klo ada apa-apa, kamu yang susah, disalah-salahin lagi. inget, dia tu orangnya kek gimana sama kmu dulunya". 
hhh...malah tambah bingung....


dan akhirnya aq memutuskan untuk membantunya, tapi ga dalam semua hal yang dia minta. aq hanya berusaha hati-hati agar kesannya ga ikut campur urusan rumah tangga orang lain. aq ga mau niatku menolong ini malah bikin masalah baru diantara mereka yang lebih tau pokok masalahnya. aq ga mau tau kenapa temen-temennya ga da di sampingnya saat dia susah kek gini, aq ga mau ingat gimana sakitnya aq waktu dia bawa-bawa namaku pada hal yang sebenernya aq ga tau, yang aq mau lakukan saat ini cuma support dia, syukur-syukur bisa bikin pikirannya lebih tenang, biar bisa mikir lebih baik. hanya itu yang bisa aq lakukan, ga lebih. selain juga doa, semoga Allah kuatkan si mbak, dan memudahkan semua ikhtiarnya, demi kebaikan dia dan anak-anaknya. amiinn...


ps : kali ini aq beneran janji untuk hati-hati...

6 comments:

Anonymous said...

Kira2 tetangga itu bakal nyesel ga ya kalo tau dia cerita sama perusak rumah tangga orang yang pergi bareng suami orang satu pesawat pake mandala tgl 4 feb dari jkt ke sby?

re said...

ga lah...kan perginya ga cuma berdua, rame2. diganti kok duitnya..:p

Anonymous said...

Orang cerita mah cerita ajah, paling ga ada sudah yg kamu lakukan buat membantu dan itu tulus. En u know what, it's a very kind of you :) Bukan hanya ngomong sok doang di depan, giliran dijabanin ngomongnya lain. Eh naik pesawatnya emang rame2 kan ya he3 :p

re said...

waduhh...kenapa blog ku dipenuhi komen dari sang anonymous yaaa??
ck ck ck

ei said...

weh, sorry kalo gitu, ga sadar kalo jadinya anonymous, gw ei, yang posting anonymous paling atas, salam kenal ...

re said...

salam kenal balikkk..
anonymous kedua, silahkan maju...
:)