7.2.09

J.O.G.J.A (next trip) - tentang kost

yupp..dah hampir tiba saatnya perjalanan ke jogja. selalu dan selalu excited gitu denger kata jogja. secara, 5 tahun hidupku diabisin di sana. 5 tahun paling krusial dalam hidupku. dan malam ini jadi pengen flashback kisahku disana...

masuk jogja pertama kali tahun 1999, pas mo ikutan UMPTN. ditemenin bapak, daftar UMPTN di UGM. nginep di daerah jl. parangtritis, karena ga tau musti kemana. dulu taunya cuma daftar lewat BNI aja, dan bapak tu ingetnya BNI gede di deket gedung BI. jadinya nanya2 tukang becak, nginepnya yang enak dimana. akhirnya ditunjukin tempat itu, aku lupa apa namanya, tapi cukup homy gitu tempatnya. di jogja waktu itu cuma 2 hari, dan akhirnya kecele, karena BNI nya ga di situ, tapi BNI UGM di kampus. he he he...
yang kedua, nginep di hotel Duta, Jl. Solo, karena dapet tempat ujian di AMA YKPN. berbekal informasi dari mbak Liana, anak temen bapak yang kuliah di UGM juga, bahwa tempat ujianku deket Jl. Solo. waktu itu di sana selama 3 hari. ditemenin bapak yang ga berenti dzikir dan sholat, biar aku ketrima UMPTN. ga sempet kemana-mana, seingetku cuma klo pas malem, jalan jalan di sepanjang Jl. Solo yang emang banyak banget warung kaki lima, buat nyari makan. trus pas subuh, juga diajakin bapak makan gudeg di pojokan Jl. Solo, yang murah meriah gitu. terakhir mampir ke beringharjo, beliin oleh2 orang rumah.
perjalanan berikutnya, waktu liat pengumuan di Fakultas Farmasi UGM, kali ini dianterin mas Beni. ga yakin klo ketrima, makanya bingung banged waktu disana. hanya berbekal informasi dari mbak Liana lagi, klo aku ketrima. coz, aku kan ga ke Jogja, sementara waktu itu aku milihnya Farmasi UGM dan Statistika ITS. lintas rayon, dan aku ada di rayon C. ngliat koran rayon C, ga da namaku disana. sampe malam juga mbak Liana ga bisa dihubungi. akhirnya besok paginya jam 10, baru mbak Liana yang telpon ke rumah, dan bilang klo aku lulus. langsung deh ngebet berangkat, karena bapak dan ibu sibuk, jadinya dianter mas beni. inget banged, pas pulang ke situbondo, sempet naek bis ekonomi dan akhirnya turun di madiun buat ganti bis patas. ga nyamannn banged naek bis ekonomi...he he he...
selanjutnya , waktu registrasi ulang, dianterin bapak, ibu dan sopir. kali ini nginep di rumah Pakdhe Tukiyatun, dan kenal mas Bangun untuk pertama kalinya...sekalian nyari-nyari kos. dapet di deket selokan mataram gitu. kamar seukuran 2,5 x 2,5 m. seupil bo!! kepepet banged, karena ga tau lagi musti nyari kemana. kamar yang mo kutempatin pun, sebenernya mo dibikin kamar mandi. aku juga ga kepikiran buat ngubungin mas Pram ataupun Yesi, yang udah lebih dulu dateng, karena mereka ketrima lewat jalur PMDK dan kudu ikut matrikulasi. dan kebetulan, tempat kos ku deketan ma kos mas Pram. dan untuk pertama kalinya aku ngerasain kos beneran. meski sebelumnya di malang pernah ngekos pas waktu ikutan bimbel, tapi kan di sana seringnya nginep di rumah Tante As ataupun mbak Ning, jadi ngekosnya klo lagi pengen pacaran ajah..he he he..seingetku dulu awal2 ngekos di jogja tu, sehari telpon rumah 3 kali, tiap mo makan. dan selalu nangis. ya secara, jauh banged dari rumah. ga da siapa siapa juga. kenal mbak Ade, mbak Eti, dll, juga mas Eka Kurniawan yang sekarang dah nyohor jadi penulis itu , dan juga awal ku kenal dengan mas Unggun dan mas Dono (Kardono Setyorakhmadi, wartawan Jawa Pos yang sekarang lagi ada di Mesir buat ngliput Gaza, baca ulasannya deh di harian Jawa Pos..tadi si masi ada tulisannya). dan awal ku masuk di lingkup Fakultas Filsafat UGM. kenal anak2 Sande Monink, dan geng nya mas Unggun yang sungguh2 ajaib. dan aku ngerasa, bakatku sebagai pribadi yang rame terasah di sini. seingatku, temen2ku di sini tu biasa ngeluarin pendapat apa aja, ngritik apa aja, dengan cara yang unik dan banyak becandanya.
semester berikutnya aku pindah kos ke tawangsari. ga jauh dari tempat kos yang pertama. dengan kamar yang lebih besar dan lebih layak. 1,5 taun aku tinggal di sini. kenal mbak Iir, su Kiki, mbak Iin, mbak Sri, mbak Meti, mbak Rambu dll. punya tempat nongkrong favorit, di teras lantai 2 dan di jemuran lantai 3. tempat yang asik buat ngintipin cowo lewat tanpa diketahui. he he he..sampe akhirnya diusir gara-gara Apung Oktaviawan, cowo yang lagi pdkt ma aku, maki maki ibu kosku karena ga dibolehin telpon aku. dan malam itu juga aku diminta nyari tempat kos laen. gubraks...
lalu terdampar di kos daerah karanggayam. 2,5 taun aku di sini. ketemu tami, ena, tita, yo, devi, yunita, cici, faizah, gaya, rosa, juga temen2 laen di lantai 1. seruuu banged tinggal di sini. dan aku jatuh juga di kos ini, jatuh yang nyebabin tempurung jempol kananku patah (baru ketauan 3 minggu yang lalu). pas kos di sini ni, sering banged ditelponin ma erwin. inget banged, sering dapet telpon dan harus rebutan ma anak kos yang laen dan juga pengguna wartel. sering juga ngerjain pemakai wartel gitu. trus nelpon pake lidi dan ketok2 tombol gitu, biar bisa nyolong2 telpon maksudnya. badung dah pokoknya. juga di kos ini, belajar bikin sup jagung, walo pun tetep ga bisa ngalahin rasa sup jagung bikinan yohana (hey girl, where r u now..miss u so much!!). di sini juga sempet marahan sama tami, jealous juga waktu dia deket ma gayatri. di sini juga pernah semaleman ga tidur gara-gara patah hati, dan semaleman dengerin lagunya utopia juga cokelat. di sini juga pernah punya temen yang tuti, alias tukang tipu. sampe-sampe jadi masalah gede, antara kampus Teknologi Pangan, kos-kosan, ma kos-kosan orang lain juga. sampe akhirnya qta diminta pindah karena kos-kosannya mo di renovasi.
dan kos terakhirku yang cuma sekitar 7 bulan itu di deket jualan lotek, walah, kok aku lupa nama daerahnya ya..ntar ah, taktanyain hubby, secara kos kosan kita klo ditarik garis tu searah. di sini ga terlalu lama si, jadi ga terlalu berkesan juga. eh, tapi di sini ni aku punya ibu kos gaul. mbak dewi. suka hang out bareng anak kos. belanja belanji, foto foto, dan dia yang jadi supir kita klo lagi jalan. malahan klo suami mbak dewi lagi keluar kota, kita diajakin tidur di kamarnya gitu. dan di sini juga tempat terakhirku saat meninggalkan jogja buat balik ke situbondo. dan orang terakhir yang mengantarku itu ya si Oong.

seumur hidup aku ga bakalan pernah lupa rasanya jadi orang jogja, walopun cuma numpang. aku rindu semuanya tentang jogja, selalu rindu. meski kata Lya, jogja banyak berubah, tapi tidak buatku. physically, boleh lah berubah. tapi sensasi rasa itu ga kan pernah hilang. my second hometown lah. sampe-sampe honeymoon juga yang kepikir cuma jogja kok. di kaki merapi tepatnya. dan minggu depan, untuk pertama kalinya, aku bakalan liburan kesana dengan formasi terbaru, aku, ayah dan d'icha. sebelum-sebelumnya si cuma mampir aja, kalo pas mudik ke sukoharjo. tapi besok, tgl 13 - 15 februari, kita bakalan beneran berlibur. agenda utama si ke nikahannya Ori dan Ratih, juga nyari vendor ma ketemuan dg Fika dan Lya. akomodasi dah beres semua, mulai tiket ayah (Bekasi-Surabaya, pp), juga tiket kita (Surabaya-Jogja, pp), dan booking hotel juga dah beres. moga semuanya lancar sesuai dengan harapan. dan yang paling penting, aku bisa nahan diri untuk tidak overbudget (he he he..ayah, maafkan daku yaa..untuk ketidakmampuanku menahan nafsu!!!)

ah, jadi beneran ga sabar ketemu Jogja....^_^

3 comments:

Anonymous said...

iyah, itu antara tahun 2001-2003 kayanya ya Dek, aku sering telpon kamu. Masih kerja di Tlkm, dan kalau overtime pasti telpon kamu...dan pasti temen-temen kost-mu protes soalnya telponnya pasti lama ....inget bgt kamu sering diteriakin suruh gantian terima telponnya ke ke ke

Anonymous said...

hai, apa kabar tetangga kost? enggak nyangka kamu masih inget dan menyebut namaku di blog, hehe ... dimana sekarang. gimana kabar anak-anak kostmu itu?

re said...

@ -wienk- : hehehe..iya ni, penyulut keributan ttg telpon di kos jl. tampar..kekekeke.."orang bayar telpon kan buat ngebayarin aku nelpon kamu malam ini"

@ mas eka : ya iyyalah inget, secara mas eka gitu loh..selalu kunanti tulisanmu di kompas, mas. minggu kemaren masuk tu, ttg artika dan lohan. skr di surabaya. ttg mbak ade, mbak eti dkk, dah ga ngerti lagi gimana kbr mereka..dah ngilang..moga2 suatu saat bisa ketemu lg ma mereka walo pun cuma lewat fesbuk..^__*