17.3.09

pesta yang dirindukan

kayanya indonesia dah mulai berpesta. pesta demokrasi maksudnya. dari kemaren aq liat di jalanan banyak banget angkot ataupun konvoi motor yang bawa bendera maupun atribut partai lain. kaya tadi pagi, aq papasan langsung ma 3 angkot yang bawa pendukung partai gerindra. dan ga berapa lama, aq lihat baliho gede gambar maia-mei chan & di3va yang jadi artis pendukung kampanye gerindra di gor delta surya, sidoarjo.

hehehehe..
dah hampir setaun kayanya mata ini dibombardir dengan gambar2 orang yang lagi jualan citra diri (kekerasan virtual klo ayah bilang). dan kini saat klimaksnya, orang2 yang gambarnya kepasang dimana2 dan bikin mual itu ngejual diri dan program2nya. hambur-hambur duit buat memperkuat citra diri yang tujuan utamanya ya rebutan status sebagai anggota dewan yang terhormat. buat sebagian orang yang tidak berkepentingan seperti aq, semua ini bener2 mubadzir. ga penting. bikin sesak mata aja.

tapi ada banyak orang yang berkepentingan di momen ini. dan akan merindukan suasana-suasana seperti ini. mereka itu adalah pengusaha offset, para graphis designer, tukang sablon, tukang spanduk, tukang print banner, tukang cat, tukang lem, tukang jualan bambu, tukang kayu, tukang paku, tukang foto kopi, tukang bikin kaos, sopir angkot, tukang dagang asongan, pemilik persewaan alat-alat pesta termasuk tenda dan kawan-kawannya, dan banyak lagi lainnya, termasuk para artis, dari artis tenar dan mahal kaya maia dan di3va, sampe artis yang biasa-biasa aja. mereka adalah orang yang diuntungkan dengan situasi seperti ini. mereka bahkan ga peduli, orang yang hire mereka atau pake jasa mereka itu siapa, apa programnya dan bagaimana kualitasnya. bodo. yang penting roda ekonomi jalan, yang laen-laen mah sabodo teuing. menurutku, pesta demokrasi ini adalah pesta yang bakalan paling dirindukan oleh banyak orang dari lintas profesi dan strata.

kadang aq mikir, orang-orang yang sangat berambisi itu sebenernya itung-itungannya gimana ya?! klo seandainya setelah sekian banyak duit yang dia punya, yang bahkan mungkin sumbernya dari utang, dari ngegade-in rumah atau harta lainnya, trus kalah. ga kepilih. trus kadang juga kepikir, apa mereka itu juga tau ya, kalo belum tentu orang-orang yang sekarang ada di sekeliling mereka tu, bakalan jadi teman setia sampe akhir?! kaya SBY yang sekarang ditinggalin JK nyari partner baru, kaya PKS yang ditinggal gitu aja ma Golkar untuk ngebangun koalisi ma PDIP, dan banyak lagi contoh laen.

ah, kenapa aq jadi serius gini ya?? padahal tadinya mo nulis yang ringan-ringan aja. mungkin karena ide orisinilnya dah menguap kali ya?! kepikirnya tadi pagi, pas baru dateng di kantor. tapi langsung kesela kerjaan buat persiapan akreditasi laboratorium oleh KAN besok lusa, jadi baru sempet nulis after lunch. jadi idenya ga terlalu orisinil. ya ga pa pa deh, lumayan buat menuh-menuhin halaman blog. xixi

No comments: